Prodi PBS UAD Laksanakan Rapat Kerja Tahun Akademik 2025/2026
Yogyakarta – Prodi Perbankan Syariah (PBS) Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (FAI UAD) selenggarakan kegiatan Rapat Kerja (Raker Prodi) untuk persiapan dan perencanaan kegiatan akademik Tahun Ajaran 2025/2026 di Ruang Diskusi Tesis MPAI, Kampus 2, UAD. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Juli 2025 yang bertepatan dengan 28 Muharram 1448 H. Seperti biasanya sebelum memasuki semester Gasal 2025/2026, Prodi PBS UAD rutin melaksanakan Rapat Kerja Prodi untuk agenda kerja selama satu tahun kedepan. Hal ini perlu untuk mempersiapkan dan merencanakan kegiatan prodi yang berbasis peningkatan mutu serta kualitas, sehingga prodi perlu memetakan kegiatan utama dan tambahan untuk meningkatkan kualitas tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen PBS UAD, sehingga urun rembug dari setiap dosen sangat dinantikan untuk perbaikan kedepannya.
Rapat kerja (Raker) program studi adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh setiap program studi di perguruan tinggi untuk merencanakan, mengevaluasi, dan menyelaraskan berbagai program dan kegiatan akademik maupun non-akademik. Raker ini penting untuk memastikan bahwa program studi berjalan sesuai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan, serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan.

Suasan Rapat Kerja Prodi PBS UAD 2025
Adapun beberapa tujuan utama diadakannya rapat kerja program studi antara lain: Penyusunan dan Penetapan Program Kerja: Merancang dan menyepakati program kerja serta kegiatan prioritas untuk periode mendatang (biasanya satu tahun akademik). Ini mencakup rencana anggaran dan alokasi dana yang efektif dan efisien. Evaluasi Kinerja: Mengevaluasi capaian program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, termasuk penyerapan anggaran, untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan. Peningkatan Kualitas: Merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan standar yang berlaku dan kebutuhan industri. Ini juga bisa mencakup pembahasan persiapan akreditasi program studi.
Lebih lanjut dalam Raker Prodi juha membahas Penyelarasan Visi dan Misi: Memastikan bahwa semua program dan kegiatan yang direncanakan selaras dengan visi, misi, dan rencana strategis (Renstra) fakultas dan universitas. Penguatan Kolaborasi dan Tim Kerja: Mempererat tali silaturahmi, membangun kolaborasi, dan meningkatkan kapasitas profesional dosen serta staf di lingkungan program studi. Sosialisasi Kebijakan Baru: Mensosialisasikan regulasi dan kebijakan terbaru dari universitas atau kementerian terkait yang perlu dipahami dan diimplementasikan oleh program studi. Identifikasi Kendala dan Solusi: Mendiskusikan kendala yang dihadapi dalam pengembangan program studi dan mencari solusi inovatif untuk mengatasinya.Dengan adanya rapat kerja ini, diharapkan program studi dapat terus berkembang, menghasilkan lulusan yang berkualitas, dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. (MAA)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!