Prodi PBS UAD Laksanakan Evaluasi Pembelajaran Semester Genap 2024/2025
Yogyakarta – Prodi Perbankan Syariah (PBS) Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (FAI UAD) selenggarakan kegiatan evaluasi pembelajaran Semester Genap 2024/2025 di Resto Yassalam, Umbulharjo, D.I. Yogyakarta. Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada akhir sesi perkuliahan setiap semesternya. Hal ini perlu untuk mengevaluasi kinerja dosen selama semester berjalan, sehingga ada peningkatan dari semester ke semester setiap tahunnya. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen PBS UAD, sehingga masukan dan saran dari setiap dosen sangat dinantikan untuk perbaikan kedepannya.
Evaluasi pembelajaran program studi adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil pembelajaran dalam suatu program studi. Tujuannya adalah untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan memberikan umpan balik untuk perbaikan. Evaluasi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari evaluasi masukan (seperti kurikulum dan sumber daya), evaluasi proses (seperti metode pengajaran dan interaksi mahasiswa-dosen), hingga evaluasi keluaran (seperti pencapaian kompetensi mahasiswa).

Suasana Rapat Evaluasi Perkuliahan Sem Genap 2024/2025
Tujuan Evaluasi Pembelajaran Program Studi: Menilai efektivitas pembelajaran: Mengevaluasi apakah tujuan pembelajaran yang ditetapkan tercapai dan apakah proses pembelajaran yang digunakan efektif. Mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan: Menemukan kelemahan dalam kurikulum, metode pengajaran, sumber daya, atau aspek lain dari program studi untuk perbaikan. Memberikan umpan balik: Memberikan informasi yang berguna bagi dosen, mahasiswa, dan pengelola program studi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Mendukung pengambilan keputusan: Memberikan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan terkait pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas pengajaran, dan alokasi sumber daya. Memastikan kualitas program studi: Memastikan bahwa program studi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan menghasilkan lulusan yang kompeten.

Foto Bersama Rapat Evaluasi Perkuliahan Sem Genap 2024/2025
Aspek yang Dievaluasi: Kurikulum: Relevansi, keterkaitan dengan kebutuhan pasar kerja, dan kecukupan materi pembelajaran. Metode Pembelajaran: Efektivitas metode pengajaran yang digunakan, seperti ceramah, diskusi, studi kasus, atau pembelajaran berbasis proyek. Kualitas Dosen: Kompetensi, keterampilan mengajar, dan interaksi dengan mahasiswa. Sarana dan Prasarana: Ketersediaan dan kualitas fasilitas pendukung pembelajaran, seperti laboratorium, perpustakaan, dan teknologi informasi. Kinerja Mahasiswa: Pencapaian kompetensi, pemahaman materi, dan partisipasi dalam pembelajaran. Kepuasan Mahasiswa: Persepsi mahasiswa terhadap kualitas pembelajaran, dosen, dan fasilitas. (MAA)

Foto Bersama Rapat Evaluasi Perkuliahan Sem Genap 2024/2025
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!