Pelatihan Optimasi Platform Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)
Yogyakarta – Perkembangan teknologi informasi yang cepat telah membawa kehidupan masyarakat dunia memasuki era baru yang sering disebut era revolusi industri 4.0. Pemanfaatan berbagai teknologi tersebut di bidang layanan keuangan telah membawa perubahan yang signifikan pada industri perbankan. Diantara layanan digital perbankan yang dapat memenuhi ekpektasi konsumen yang bersifat cashless seperti Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS). Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.
Berangkat dari fenomena tersebut, Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Rofiul Wahyudi, Akhmad Arif Rifan, Indah Nurul Fatimah kurun Juni – September 2022 melakukan pelatihan melakukan pelatihan Optimasi Platform Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Di Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Balecatur, Gamping Sleman. Kegiatan ini merupakan hibah pengabdian kepada masyarakat dari LPPM-Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Hasil dari pelatihan menggambarkan adanya peningkatan sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan literasi QRIS sebagimana ditampilkan pada grafik sebesar 30% sebelum pelatihan dan meningkat 50% setelah diadakan pelatihan. (RW)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!