HMPS Prodi Perbankan Syariah Gelar Seminar UMKM Di Desa Sudagaran Yogyakarta
Yogyakarta- Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah (HMPS PBS) Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (FAI UAD) pada hari Selasa, 7 Februari 2023 yang bertepatan dengan 15 Rajab 1444 H telah menyelenggarakan Seminar UMKM dengan tema “Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif dan Inovasi di Era Society 5.0”. Pelatihan yang berlangsung di Desa Sudagaran, Tegalrejo, Yogyakarta merupakan program kerja bersama antara Divisi Kewirausahaan dan Divisi Pengabdian Masyarakat HMPS Perbankan Syariah. Kegiatan tersebut diikuti oleh 70 warga Desa Sudagaran serta Mahasiswa/i Program Studi Perbankan Syariah.
Dalam sambutannya, Bapak Ignatius Marjono selaku Ketua RW 10 Desa Sudagaran menyampaikan bahwa mayoritas usaha warga di Desa Sudagaran adalah pengusaha tahu. Jenis-jenis tahu yang dijual yaitu tahu kuning, tahu putih, tahu segitiga. Paling banyak permintaan dari masyarakat yaitu tahu putih. Tetapi, usaha tahu yang sudah berjalan beberapa tahun sulit untuk dikembangkan karena keterbatasan modal, inovasi poduk, serta keterbatasan pengetahuan marketing yang tidak mengikuti model usaha sesuai zaman.
Kegitan seminar tersebut menghadirkan satu narasumber yaitu Dr., Muhammad Hamdi, MBA. Melihat dari usaha mayoritas warga Desa Sudagaran, dalam penyampaian materinya beliau menyampaikan bahwa setiap usaha tidak perlu membawa modal yang besar, melainkan pelan tetapi pasti, dari hal terkecil hingga terbesar. Point utama yang dibutuhkan untuk warga Desa Sudagaran yaitu membangun kreativitas dalam pemasarannya. Dimulai dari penambahan label merek dibungkus tahu, perluas jaringan pemasarannya, dan mengikuti perkembangan teknologi seperti menjual di market place seperti gojek, grab, dan shopeefood.
Selain itu perlu menaklukkan tantangan seperti pinjam modal dan mengembangkan reseller, mencari terobosan pemasaran (konten edukatif), menjadikan toko offline sebagai branding. Beliau juga menyampaikan bahwasanya tips dan trick di Era Society 5.0 diantaranya bersikap realistis dan sabar, tekun untuk promosi, memantau toko setiap hari, upgrade kemampuan terus menerus, jeli menangkap peluang, fast respons, dan service excellence. (DRL)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!